Hi!

Jumat, 11 Juni 2010

Hamster


aQ punya 16 hamster di rumah. HamsterQ itu pada gigit semua! Kecuali 1 hamsterQ yg gembul, imut, & lucu. aQ beri nama Negro, karena ia hitam, qiqiqi..
16 hamsterQ itu, aQ bagi jadi 3 kandang. Kandang besar warnanya putih untuk 5 hamster termasuk si Negro, kandang merah jambu untuk 5 hamster & 1 bayi hamster, & kandang kuning untuk 5 hamster.
Ceritanya berawal saat aQ pergi ke rumah saudaraQ, dek Risa, di Magelang. Ia memiliki 7 hamster. Saat aQ mau pulang, ia memberiku 2 hamster cwo-cwe. aQ senang sekali! Tetapi, aQ juga b’pikiran, dulu aQ pernah punya hamster, tapi selalu mati. Dan Alhamdulillah, hamsterQ ini ga mati! Tinggal nunggu sebulan aja, hamster pertamaQ punya anak 4 & itu pertama kali aQ mengurus bayi hamster. aQ bingung, sampai-sampai aQ telepon kakak sepupuQ, Mas Alin di Surabaya, karena ia juga b’pengalaman merawat hamster. Katanya, yg jantan harus dipisah. Dan aku pun memisahnya.
Keesokan harinya, setelah ku lihat, bayi hamsternya hilang. Ternyata di makan induknya sendiri. aQ jadi sedih. Dan ternyata, setelah si induk melahirkan bayinya, kita harus memberinya makanan, agar ia ga makan anaknya, oh.. baru tau aQ! Qiqiqiqi... Belum ada 2 minggu, hamster pertamaQ melahirkan lagi 4 anak! Senangnya hatiQ!!
Sekarang hamster pertamaQ udah jadi buyut, karena udah punya anak, cucu, & cicit! Qiqiqiqi..
Merawat hamster memang susah-susah gampang. Kadang aQ juga suka malas, harus mengganti serbuknya. Bau & basah! Tetapi, kita harus telaten untuk membersihkannya, kasihan kan kalau harus tinggal di tempat yang jorok?
aQ mengganti serbuk kayunya setiap 3 hari sekali untuk kandang merah jambu & kuning. Untuk kandang putih, aQ menggantinya setiap seminggu sekali.
Jangan lupa memberi makan! Karena, sebenarnya hamsterQ itu ada 17, tetapi yg 1 dimakan oleh bisa dibilang keponakannya sendiri, khan aQ satuin jadi 1 kandang putih. Kasihan hamsterQ yg sudah mati itu. aQ juga merasa bersalah karena lupa memberi makanan.
Makanannya bisa berupa jagung dan wortel. Tidak perlu makanan yang mahal seperti di Petsy. Hamster juga memerlukan minum, lho. Pernah hamsterQ 2 bulan ga aQ kasih minum. Memang ga ada reaksi dari mereka, tapi tetap saja kasihan. Sama saja mereka puasa minum, qiqiqiqi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar